Cari Soal-Soal CPNS dan Lowongan Kerja

Soal CPNS Bahasa Inggris

Soal CPNS Bahasa Inggris

 

Anda bisa Download Soal CPNS Bahasa Inggris beserta kunci jawabannya :

Klik di Sini

dan

Klik di Sini

Pengumuman Penerimaan CPNS Kementerian / Departemen Perdagangan Tahun 2010/2011

Pengumuman Penerimaan CPNS Kementerian / Departemen Perdagangan Tahun 2010/2011 – Daftar Online 1 – 3 September 2010

PANITIA REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN PERDAGANGAN
TAHUN 2010
P E N G U M U M A N
Nomor : 02/SJ-DAG/REK-CPNS/8/2010

Dalam rangka mengisi lowongan formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perdagangan, kami membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perdagangan dengan ketentuan dan proses seleksi sebagai berikut :

A. LOWONGAN FORMASI DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN
Jumlah Formasi dan Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pada Jabatan-jabatan dan penempatan sebagai berikut : (Silakan didownload dibawah)

B. PERSYARATAN PELAMAR

1. Persyaratan Umum :
a. Warga Negara Indonesia;
b. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. Memiliki Integritas yang tinggi terhadap NKRI;
d. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun per 31 Desember 2010;
e. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
f. Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik;
g. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/ POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
h. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan;
i. Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.

2. Persyaratan Khusus :
a. Lulus Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dibuktikan dengan Nomor SK dari Badan Akreditasi Nasional dan tertera pada ijazah/ transkrip nilai.
b. Untuk lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4.
c. IPK minimal 2,75 dibuktikan dengan salinan Transkrip Nilai Akhir.

C. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara online melalui website Kementerian Perdagangan www.depdag.go.id
2. Mengirimkan berkas Lamaran kepada Panitia melalui PO BOX 3433 JAKARTA 10034 yang terdiri dari:
a. Tanda Peserta Ujian yang dicetak pada kertas ukuran A4 sebanyak 1 (satu) lembar yang sudah ditempel 2 (dua) buah foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dan ditandatangani pada tempat yang ditentukan (mendownload).
b. Surat Lamaran dan Pernyataan yang dicetak pada 1 (satu) lembar kertas ukuran A4 yang sudah dibubuhi tanda tangan di atas meterai Rp. 6000. (mendownload).
c. Fotokopi Ijazah sebanyak 1 (satu) lembar.
d. Fotokopi Transkip Nilai sebanyak 1 (satu) lembar.
Seluruh berkas pada poin a s/d d dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat ukuran folio yang telah ditempel dengan alamat yang dituju, pada bagian kanan-bawah dan nomor pendaftaran/ nama/ kualifikasi pelamar (barcode) pada bagian kiri-atas (dari hasil download). Contoh amplop yang dikirim sebagaimana terlampir.

D. MEKANISME DAN JADWAL PELAKSANAAN SELEKSI
1. Mekanisme pelaksanaan seleksi :
a. Pelamar mendaftar secara online melalui website Kementerian Perdagangan;
b. Pelamar mendapat id reg dan mendownload berkas yang kemudian dicetak pada kertas A4 (surat lamaran dan pernyataan serta Tanda Peserta Ujian)
c. Pelamar mengirimkan semua berkas sesuai ketentuan di atas melalui PO.BOX
d. Berkas lamaran yang masuk sesuai kuota akan diproses oleh panitia dan pelamar yang berkasnya memenuhi persyaratan akan diterbitkan Tanda Peserta Ujian yang telah diparaf dan dicap oleh panitia (diotentifikasi);
e. Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui website untuk mengambil Tanda Peserta Ujian yang telah diotentifikasi, sesuai dengan tahapan pengumuman (tahap I sampai IV);
f. Pengambilan Tanda Peserta Ujian dilakukan oleh pelamar pada tempat dan waktu yang ditentukan, setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi;
g. Apabila pelamar berhalangan, pengambilan Tanda Peserta Ujian dapat diwakilkan dengan membawa KTP, dan barcode id reg pelamar;
h. Pelamar berhak mengikuti ujian tertulis apabila telah mendapat Tanda Peserta Ujian yang telah diotentifikasi;
i. Gambar Mekanisme Pendaftaran bagi Pelamar, sebagaimana terlampir.

2. Jadwal Pelaksanaan Seleksi
a. Pengumuman rekrutmen: 23 Agustus s/d 3 September 2010
b. Pendaftaran online: 1 s/d 3 September 2010
c. Pengiriman berkas melalui PO BOX: 2 s/d 6 September 2010
d. Pengumuman lulus seleksi administrasi tahap I: 20 September 2010
e. Pengumuman lulus seleksi administrasi tahap II: 27 September 2010
f. Pengumuman lulus seleksi administrasi tahap III: 1 Oktober 2010
g. Pengumuman lulus seleksi administrasi tahap IV: 7 Oktober 2010
h. Pendistribusian Tanda Peserta Ujian tahap I dan II: 2 Oktober 2010
i. Pendistribusian Tanda Peserta Ujian tahap III dan IV: 9 Oktober 2010
j. Ujian Tertulis: 12 Oktober 2010
k. Pengumuman lulus ujian tertulis: 19 Oktober 2010
l. Psikotes dan Wawancara: 25 s/d 28 Oktober 2010
m. Pengumuman lulus dan diterima sebagai CPNS: 15 November 2010

E. KETENTUAN LAIN.
1. Batas pengiriman berkas paling lambat tanggal 6 September 2010 (cap pos) dan penutupan PO BOX, 2 (dua) hari setelah batas waktu pengiriman berkas. Apabila tidak diterima sampai dengan batas waktu tersebut, berkas tidak akan diproses
2. Kuota pelamar maksimal 5000 pelamar, berkas yang tidak sesuai dan melebihi kuota tidak akan diproses.
3. Pelamar harus mencantumkan alamat e-mail yang benar dan masih berlaku.
4. Pelamar tidak dipungut biaya apapun selama proses Rekrutmen CPNS.
5. Setiap Pelamar hanya boleh mengirimkan 1 (satu) lamaran. Pelamar yang mengirimkan lamaran lebih dari satu, tidak akan diproses dan dinyatakan gugur.
6. Berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi milik Panitia untuk dimusnahkan.
7. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini diterbitkan dan tidak melalui PO BOX, dinyatakan tidak berlaku.
8. Tanda Peserta Ujian yang tidak ada paraf dan tidak ada cap panitia (tidak diotentifikasi), dinyatakan tidak berlaku dan tidak diperkenankan mengikuti ujian.
9. Pelamar yang tidak melakukan registrasi ulang/ melapor pada waktu yang ditentukan setelah dinyatakan lulus dianggap gugur dan mengundurkan diri.
10. Pelamar dan panitia tidak diperkenankan melakukan komunikasi, terkait proses rekrutmen ini.
11. Pelamar yang nantinya terbukti memanipulasi atau memalsukan data, akan dinyatakan gugur.
12. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu-gugat.

Download

Download Pengumuman Kemenag 2010 lengkap

Formasi Penerimaan CPNS Kabupaten Madiun 2010

Formasi Penerimaan CPNS Kabupaten Madiun 2010 : Tahun 2010, Pihak pemerintah Kabupaten Madiun saat ini mengajukan permintaan Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS. Pengajuan sebanyak 1.700 formasi tersebut telah diserahkan ke Badan Kepegawaian Negera (BKN).

“BKD (Badan Kepegawaian Daerah) kita sudah melakukan pengajuan ke BKN 1.700 formasi. Dan yang paling banyak adalah formasi guru dan tenaga kesehatan,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Edi Susanto, Kamis (29/7/2010).

Edi menjelaskan, saat ini surat permohonan pengisian CPNS tersebut telah diajukan dan hanya tinggal menunggu persetujuan dari pihak BKN. Namun, lanjut Edi, jumlah yang disetujui oleh pihak BKN biasanya tidak sebanyak yang diajukan.

“Soal berapa jumlah formasi CPNS yang disetujui, itu merupakan kewenangan dari BKN. Biasanya yang disetujui, sekitar 20 persen dari jumlah pengajuan,” ujarnya.

Besarnya jumlah usulan CPNS ini mengacu pada kebutuhan akan tenaga pendidik dan kesehatan. Selain banyaknya kebutuhan SDM di dua formasi tersebut, besarnya permintaan juga dipengaruhi adanya pegawai yang pensiun.

Sementara, anggaran untuk penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun ini mencapai Rp 600 juta yang bersumber dari APBD setempat. Jumlah anggaran itu sama persis dengan anggaran penerimaan CPNS pada tahun 2009.

Edi menambahkan, pembukaan perekrutan CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madiun akan dilakukan pada bulan Oktober 2010. Sehingga bagi tenaga umum yang berminat bisa mempersiapkan diri. Ia berharap agar calon peserta CPNS mengikuti jalur yang benar, karena telah banyak korban penipuan perekrutan CPNS dengan iming-iming tertentu.

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Kabupaten Boyolali 2010

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Kabupaten Boyolali 2010 : Pemkab Boyolali akhirnya hanya memperoleh kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 sebanyak 189 formasi. Sebelumnya, Pemkab Boyolali telah mengajukan sesuai dengan kebutuhan sekitar 1.200 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Boyolali Agus Partono mengatakan dari total formasi yang diperoleh itu, sebanyak 85 formasi diberikan untuk formasi guru, 40 formasi untuk tenaga kesehatan dan sisanya untuk tenaga teknis lainnya. “Formasi guru sebagian besar dibutuhkan adalah guru sekolah dasar (SD),” ujarnya kepada wartawan di Boyolali, Rabu (4/8).

Menurut Agus, dengan adanya kuota yang mencapai 189 formasi itu, dipastikan tidak mampu mencukupi kebutuhan personel yang diperlukan Pemkab Boyolali. Agus menambahkan untuk formasi guru masih mengalami kekurangan yang sangat besar. Pasalnya, tahun ini hanya ada 85 formasi guru. Padahal, saat ini terjadi kekurangan lebih dari 500 formasi guru yang ada.

Agus mengatakan penerimaan CPNS 2010 ini dijadwalkan akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober mendatang. Saat ini, jelasnya, masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) penerimaan CPNS. “Termasuk nantinya apakah dilaksanakan secara mandiri atau mengikuti Pemprov Jateng,” pungkas dia.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kalbar Tahun 2010

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kalbar Tahun 2010 ; Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Kalbar kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010.

Para CPNS tersebut akan menempati beberapa formasi mulai perancangan peraturan perudang-udangan, penata laporan keuangan, penyusun bahan evaluasi rencana dan program. “Kemudian ada penyuluh/pembina mental Napi, pranata komputer, agendaris, perawat, hingga pengamanan pemasyarakatan (LP),” ujar Ketua Panitia Daerah Penerimaan CPNS Kanwil Kemenkum HAM Kalbar, I Ketut Sandiyasa SH MH dalam pengumumannya, kemarin.

Tahun ini, pihaknya mencari sekitar 138 orang CPNS berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Tingkat sarjana (S1) jurusan Hukum, Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Komputer, dan Agama Islam. Ada juga tingkat Diploma (D-III) Keperawatan dan Komputer, serta tingkat SLTA/sederajat.

Untuk sarjana, dicari sebanyak sebanyak 15 orang. Tingkat Diploma dicari sebanyak 6 orang, dan sisanya SLTA/sederajat, bahkan 2 orang SMK jurusan Perkantoran, TB dan Komputer.

Pihak panitia membatasi usia pendaftar sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun pada 01 Desember 2010. Untuk pria, tinggi badan minimal 160 cm, dan wanita 150 cm.

Guna menghindari praktik-praktik yang tidak sehat dalam penerimaan CPNS tersebut, panitia memanfaatkan sistem online dalam registrasi pendaftaran. “Pendaftaran registrasi secara online bisa dilakukan mulai 27 Agustus hingga 31 Agustus 2010 melalui http://e-cpns.depkumham.go.id. Penyampaian berkas lamaran dimulai tanggal 31 Agustus sampai 3 September 2010 melalui PO BOX 8018 Pontianak

Pengumuman Penerimaan CPNS Kabupaten Temanggung 2010

Pengumuman Penerimaan CPNS Kabupaten Temanggung 2010 ; Pemkab Temanggung dipastikan akan membuka 207 formasi lowongan CPNS dari jalur umum pada tahun 2010 ini. Hal itu menyusul telah disetujuinya usulan tambahan formasi CPNS Daerah Pemkab Temanggung dari jalur umum oleh Menteri Negara (Menag) Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, sejumlah 207 tersebut.

Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sri Hariyanto, di kantornya, Sabtu (21/8), mengatakan, surat pesertujuan dari Menag PAN dan Reformasi Birokrasi tertanggal 21 Juli, telah diterima pihaknya awal bulan lalu. Dari jumlah yang disetujui itu, kuota paling banyak adalah untuk guru kemudian diikuti tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

"Dari 207 formasi tersebut, sebanyak 93 merupakan kuota untuk guru, 62 tenaga kesehatan serta sejumlah 52 untuk tenaga teknis," jelasnya.

Total kuota CPNS yang disetujui Pusat sebanyak 207 formasi itu, masih jauh di bawah kebutuhan Pemkab. Sebelumnya, Pemkab telah mengusulkan ke Pusat sebanyak 2.410 formasi untuk CPNS 2010 ini, yang jumlah itu merupakan kebutuhan riil tambahan CPNS Pemkab saat ini. "Barangkali karena ada berbagai faktor dan pertimbangan, termasuk terkait kemampuan keuangan negara, sehingga dari 2.410 formasi CPNS yang kita usulkan, akhirnya yang disetujui hanya 207 formasi," tuturnya.

Menurutnya, dengan terbatasnya kuota CPNS dari pusat dibandingkan dengan kebutuhan Pemkab, yang merupakan usulan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut, maka dalam menentukan jenis formasi yang akan dibuka, pihaknya menggunakan skala prioritas. Yakni, jenis-jenis formasi paling penting dan mendesak saja, yang akan dibuka.

Di samping itu, juga didasarkan pada proporsi usulan dari masing-masing SKPD. Ini berarti, jika suatu SKPD mengusulkan permintaan tambahan formasi CPNS sangat banyak, maka nantinya formasi yang akan dibuka jumlahnya juga akan lebih besar daripada formasi yang diusulkan SKPD dalam jumlah kecil.

"Karena berdasarkan skala prioritas ini, maka sangat dimungkinkan, ada SKPD yang sama sekali tidak akan bisa dipenuhi permintaan penambahan CPNS-nya pada tahun ini," ungkapnya.

Dikatakannya, setelah menerima surat persetujuan penambahan CPNS dari Menag PAN dan Birokrasi tersebut, pihaknya kemudian telah menentukan jenis-jenis formasi yang akan dibuka dalam pendaftaran CPNS nanti. Daftar jenis-jenis formasi tersebut selanjutnya akan dikirim lagi ke Menag PAN dan Birokrasi dengan tembusan ke BKN untuk dikoreksi dan mendapatkan persetujuan.

Apabila telah disetujui Pusat, daftar itu lalu dikembalikan lagi ke BKD, dan akan dipakai sebagai acuan dalam mengumumkan pendaftaran seleksi CPNS 2010. Biasanya, dalam jangka waktu 1 hingga 2 bulan setelah persetujuan jenis-jenis formasi itu diterima BKD, kemudian pendaftaran seleksi CPNS akan diumumkan.

Soal CPNS Bahasa Indonesia

Berikut ini Soal CPNS Bahasa Indonesia yang bisa anda download

 Download Soal CPNS Bahasa Indonesia

Klik di Sini

Lowongan BUMN PPS BRI Yogyakarta 2010

Lowongan perbankan BUMN PPS BRI di BRI Job Expo Yogyakarta Batas lamaran: 29 Agustus 2010)
BRI JOB EXPO – YOGYAKARTA 2010
Posisi Program Pengembangan Staf
Keterangan Sebagai Bank terkemuka saat ini,BR memberi kesempatan kepada KADER-KADERPOTENSIAL untuk bergabung sebagai calon peserta Program Pengembangan Staf BRI (PPS BRI). Sebuah program pengembangan komprehensif yang dirancang khusus untuk mempersiapkan kader pemimpin BR Idimasa yang akan datang.

Kriteria Penting yang perlu diperhatikan.
  1. Berstatus sebagai sarjana S1/S2 atau mahasiswa/i yang telah dinyatakan lulus (meskipun belum mengikuti wisuda) atau mahasiswa/i yang sedang menunggu jadwal sidang (dalam waktu 1 s/d 2 bulan, diperkirakan lulus), yang berasal dari fakultas/jurusan:
    • Teknik
    • Ekonomi
    • Psikologi
    • Pertanian
    • Peternakan
    • Kehutanan
    • Hukum
    • Sosial& Politik
    • Teknologi Pertanian
    • Statistika
    • Ilmu Komputer
  2. Diutamakan yang belum pernah melamar sebagai peserta Program Pengembangan Staf (PPS) BRI
  3. Belum menikah
  4. IPK S1 minimal 2,75(PTN) dan 3,00 (PTS); IPK S2 minimal 3,25 (PTN & PTS) dengan catatan IPK S1 tetap memenuhi persyaratan IPK minimal S1.
  5. Berusia max. 27 tahun ( untuk lulusan S1), dan max. 30 tahun (untuk lulusan S2)
  6. Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi
  7. Berminatuntuk berkarier di BRI (sebagai pesertaPPS BRI yang merupakan calon pemimpin BRI dimasa depan)
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian dengan BRI apabila dinyatakan diterima sebagai peserta PPS BRI, antara lain berisi:
    • Bersedia menyerahkanijazahasli
    • Bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan selama ± 9 bulan
    • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja BRI
    • Bersedia membayar ganti rugi kepada BRI sebanyak Rp. 60.000.000,-(Enam Puluh Juta Rupiah) apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan diterima sebagai peserta PPS BRI
Prosedur Pendaftaran :
  1. Format formulir dapat diunduh di sini
  2. Mengirimkan kembali “soft copy” formulir yang sudah terisi secara lengkap ke email : cdcugm@gmail.com dengan subject BRI JOB EXPO–YOGYAKARTA 2010
  3. Pelamar hadir dan membawa formulir yang sudah terisi lengkap (foto ditempel) ke lokasi BRI JOB EXPO-YOGYAKARTA 2010 di University Club (UC) Hall Kampus UGM Bulaksumur Yogyakarta pada tanggal 30 Agustus 2010 Pukul 08.00 sampai selesai.

Lowongan Dosen di Politeknik Bengkalis (Exp 14 September)

Dalam rangka pengembangan Program Studi Teknologi Informasi (TI) dan Teknik Sipil (TS) Politeknik Bengkalis, kami memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi cukup dikenal untuk menjadi dosen Prodi Teknologi Informasi.
Persyaratan:
1. Lulusan S2:
  • Teknik Informatika/ Sistem Informasi/ Teknologi Informasi/ Ilmu Komputer/ Manajemen Informatika (TI).
  • Menguasai Pemograman OOP (Java)+Animasi/Networking (TI)
  • Teknik Sipil konsentrasi transportasi (TS)
  • Diutamakan yang berlatar belakang pendidikan politeknik (TS)

2. Berusia maksimal 34 tahun.
3. Menguasai Bahasa Inggris aktif sangat diutamakan
4. Memiliki jiwa mendidik
5. Bersedia kerja full time & berdomisili di Bengkalis
Pendaftaran: 14 Agustus s/d 14 September 2010
E-mail Curriculum Vitae, KTP, pas fhoto, ijazah & transkrip nilai S1 dan S2 Anda ke :
polbeng@polbeng.ac.id
atau kirim lamaran kepada :
Direktur Politeknik Bengkalis
Jl. Bathin Alam, Sei Alam, Bengkalis, Riau

Sumber : www.pengumuman-cpns.com

Label